FASHION REVIEW

 

Tema: Fashion

Tujuan Penulis: Mengenalkan dan menjelaskan fashion yang sesuai dengan umur

Tujuan Tulisan: Mengerjakan tugas mata kuliah penulisan

Judul: Menyesuaikan Fashion

Referensi Buku:

  • Fashion A to Z (Alex Newman & Zakee Sharebb)
  • Fashion Concept to Catwalk ( Olivier Gervel)
  • Fashion and Age (Julia Twigg)
  • Fashion Design Drawing Course (Jemi Armstrong & Wynn Armstrong)
  • Secrets of Stylist (Shasa Charnin Morrison by Grace Mirabella)

Target Pembaca: Remaja – dewasa

Usia merupakan dimensi yang paling penting dalam industri fashion. Dan pengklasifikasian berdasarkan usia memberikan pengaruh yang berbeda dalam industri fashion. Kelompok usia remaja contohnya, tentunya memiliki pandangan yang berbeda mengenai fashion apabila dibandingkan dengan kelompok usia dewasa. Demikian pula dengan kelompok usia dewasa, memiliki pandangan berbeda mengenai fashion dengan kelompok usia manula.

Hal tersebut disebabkan karena fashion dapat meninterpretasikan banyak hal mengenai pribadi seseorang. Contohnya, melalui produk fashion yang digunakan seseorang, dapat smencerminkan status orang tersebut, bagaimana kepribadian orang tersebut. Banyak orang yang tidak bisa menyesuaikan gaya dengan umur nya saat itu. Orang yang berumur 15 tahun, karena berpakaian yang terlalu glamour, high heels, dan makeup yang tidak sesuai, pada saat dipandang orang lain. Bisa jadi orang itu disebut berumur 20> tahun. Usia tua juga jangan membuat kita tidak memperhatikan apa yang kita pakai, walaupun usia sudah tua kita bisa membuat tubuh lebih fresh dengan mengenakan pakaian glamour seperti memakai dress yang panjang hingga mata kaki agar membuat kita lebih fresh.

Terdapat dimensi lain yang juga menambah keanekaragaman industri fashion, selain pembagian kategori fashion untuk pria dan fashion wanita. Pendapat seorang pria mengenai suatu produk fashion tentunya berbeda dengan pandangan seorang wanita terhadap produk fashion. Maka faktor jenis kelamin merupakan hal yang cukup berpengaruh dalam industri fashion.

Kita juga harus bisa menyesuaikan antara badan, baju, dan fashion seperti apa yang akan kita mix and match. Karena busana sangat terikat dengan tubuh. Apabila orang gendut memakai warna terang seperti oranye, hijau muda, dan kuning. Orang itu akan terlihat lebih besar. Pakailah pakaian berwarna hitam, atau bisa juga menggunakan warna cerah namun pakailah yang bermotif garis lurus kebawah. Itu akan membuat kita terlihat lebih kurus dibandingkan motif garis-garis kesamping.

Fashion juga bisa kita pandang dari culture. Seperti motif tribal, batik, tenun. Itu akan membuat kita terlihat lebih etnik dan bisa menaikkan citra culture yang kita gunakan. Pakaian juga dapat berteori/ menggambarkan budaya konsumsi. Contohnya ketika kita memakai pakaian dari merk ternama seperti Burberry, channel, jimmy choo, itu akan memperlihatkan kita orang yang tidak main-main dalam fashion. Karena brand tersebut memang mahal dan kita mampu merogoh kocek yang dalam hanya untuk sebuah pakaian.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam fashion adalah makeup, seperti saat kita pergi kuliah atau ke acara santai. Pakailah makeup yang membuat kita fresh dan flawless. Jangan menggunakan foundation yang terlalu tebal, dan pastikan foundation yang kita pakai sesuai dengan warna kulit wajah kita. Pakailah lipstick yang berwarna nude agar kita tidak terlalu terlihat memakai makeup yang heavy. Dan membuat kesan bibir lebih alami. Untuk alis bagi yang tidak berjilbab, sesuaikan warna alis dengan warna rambut kita. Bagi yang berjilbab sesuaikan dengan postur wajah dan tone wajah.

Untuk sepatu, pakailah sepatu yang sesuai dengan kemana kita akan pergi. Dan pastikan apabila kita ingin memakai heels, sesuaikan tinggi dan tebalnya heels dengan berat badan kita.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s